Menerima Kehilangan, Berdamai dengan Realita

Sering kali kita tidak menyadari bahwa kita telah terlalu terbiasa dengan keadaan kita saat ini. Dengan setiap detail kecil yang mengisi hari-hari kita. Dan, ketika satu saja dari sekian banyak detail kecil tersebut mendadak lenyap, kita akan merasakan ada sesuatu yang hilang. Ada sesuatu yang kurang dalam hari kita. Ada sesuatu yang seharusnya ada, tetapi tidak ada. Ada sesuatu yang secara tidak kita sadari, begitu mempengaruhi jalannya hari kita. Sesuatu yang sebelumnya kita anggap biasa saja, bahkan tidak bermakna.

Sayangnya, sering kali juga kita baru mengerti maknanya setelah sesuatu itu tidak lagi ada. Ketika yang tersisa tinggal kekosongan. Padahal, yang hilang belum tentu sesuatu yang menyenangkan bagi kita, yang memang selalu kita tunggu kedatangannya. Bisa saja hanya hal sepele.

Bagaimanapun juga, pada akhirnya kita dipaksa menghadapi kenyataan, bahwa dunia memang telah berubah, selalu berubah, dan masih akan terus berubah. Tidak ada yang abadi. Terima saja. Belajar berdamai dengan realita. It’ll pass.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s